Sejarah, Jenis dan Bagian-bagian Hard Disk Beserta Fungsinya

Advertisement
Mungkin anda sudah sering mendengar tentang hard disk, namun apakah anda mengerti tentang bagian-bagian hard disk beserta fungsinya? Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai informasi tersebut, lengkap beserta dengan sejarah, cara penggunaan hard disk dan informasi menarik lainnya. 

Laptop atau komputer pastinya tidak akan lepas dari keberadaan hard disk ini mengingat pentingnya bagian bagian hard disk beserta fungsinya ini. Untuk harga, bisa dikatakan hard disk ini dijual dengan harga yang bermacam macam dan relatif, tergantung jenis dan keunggulan serta kapasitas ruang yang dimiliki. Tidak hanya ahli IT atau programmer komputer saja yang perlu tau mengenai hard disk ini, anda juga seharusnya memahami. Selengkapnya ada pada penjelasan dibawah. 

Pengertian Hard Disk

Hard disk adalah salah satu bagian perangkat keras komputer atau hardware. Hard disk ini berbentuk menyerupai piringan logam datar yang berfungsi untuk menyimpan data sekunder pada laptop atau komputer. Untuk bahan nya sendiri, hard disk ini terbuat dari bahan non magnetic dan dilapisi dengan bahan tipis terbuat dari magnet.

Bagian-bagian Hard Disk Beserta Fungsinya
Hard Disk

Hard disk atau yang biasa disebut dengan HDD singkatan dari Hard disk Drive ini menyimpan data sekunder atau data yang disimpan sebagai pusat dari magnetic. Cara kerja dari hardware yang satu ini yaitu berputar secara terintegrasi, membaca dan menulis data, serta ada suatu komponen hard disk yang dirancang khusus untuk menyimpan informasi data secara magnetis. 

Sejarah Hard Disk

Sejarah singkat hard disk ini mulai muncul ke dunia tekhnologi yaitu dimulai pada tahun 1961. Pada tahun 1961, IBM 1311 berhasil menciptakan HDD pertama yang bisa menyimpan 2 juta karakter, serta bisa removable atau dapat di lepas pasang. Lalu setelah itu, IBM 1311 memperbaharui kembali rancangan nya menjadi berkapasitas lebih besar yaitu 28mb di dalam 25 piringan yang masing masing berukuran 24 inchi. Dilanjut lagi dengan meluncurkan IMB Ramkit 2310 yang berkapasitas lebih besar yakni 1mb hanya dengan 1 piringan saja. Dan pada tahun 1979, fujitsu pertama kali mengenalkan HDD ini yang disebut dengan F6421 Eagle yang berkapasitas 446Mb. 

Masuk pada tahun 2001, bagian bagian hard disk beserta fungsinya ini hadir lagi dengan lebih sempurna yakni berkapasitas 120GB yang diluncurkan seage dengan diberi nama SATA. Lanjut lagi ditahun 2005, Samsung memperkenalkan hybrid hard disk yang hanya 2.5 inchi, dan dikembangkan lagi pada tahun 2007 hitachi meluncurkan sebuah deskstar k71000 pertama di pasaran yang berkapasitas hingga 1000GB. Lalu sampailah pada ujung sejarah singkat magnetic disk ini yaitu pada tahun 2010 hingga sekarang muncul solid State Drive (SSD) yang merupakan HDD di masa depan dan berkapasitas 256GB yang sampai sekarang masih digunakan pada laptop atau PC. 

Jenis-Jenis Hard disk

Pada bagian-bagian hard disk beserta fungsinya pasti tidak lepas dari berbagai macam jenis hard disk. Simak selengkapnya. 

  • Hard disk ATA/EIDE

Yang pertama ini merupakan salah satu jenis hard disk baru yang paling laku dipasaran. ATA (Advance Technology Attachment) atau EIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) ini merupakan salah satu HD yang dapat langsung di hubungkan ke bus PCI yang pada dasarnya akan tersambung ke banyak computer. Namun, dijual dengan harga yang cukup mahal. 

  • Hard disk SCSI

Hard disk SCSI ini memiliki kelebihan bisa langsung di konekkan ke bus SCSI yang pada dasarnya lebih baik dari bus PCI. Karena hard disk ini dapat terhubung langsung ke banyak disk drive pada saat akses yang bersamaan. Namun memang harganya cenderung lebih mahal dari ATA/EIDE

  • Hard disk RAID

Bagian bagian hard disk beserta fungsinya yang selanjutnya yaitu jenis RAID. Hard disk RAID ini hadir dengan ruang penyimpanan yang lebih besar dan handal. Bisa digunakan pada saat performa komputer tinggi atau lebih tinggi dari ukuran normal. Harga lebih murah dan terjangkau. 

  • Hard disk SATA


Untuk yang satu ini merupakan salah satu hard disk yang memiliki performa yang sangat cepat yakni 480mbps pada saat mentransfer data. Hanya menggunakan kabel tipis sehingga proses pemasangan sangat mudah. 

  • Hard disk SSD


Jenis hard disk laptop saat ini kebanyakan menggunakan SSD. Merupakan inovasi masa depan dari hard disk, dengan performa dan ruang penyimpanan yang lebih besar dan sudah banyak digunakan hampir di semua pc atau laptop. 

Bagian-bagian Hard Disk 

Bagian-bagian Hard Disk Beserta Fungsinya
Bagian-bagian Hard Disk Beserta Fungsinya 

Penting bagi anda mengetahui bagian-bagian hard disk beserta fungsinya. Berikut bagian-bagiannya :

  • Head


Head ini merupakan piranti elektromagnetik yang ditempatkan di permukaan pelat serta menempel di sebuah slider. Di setiap hard disk ada 2 head. Head ini berfungsi untuk membaca data di permukaan pelat serta menyerap informasinya ke dalam. Maka dari itu pada saat hard disk ini bekerja tidak boleh ada getaran atau guncangan karena bisa mengakibatkan kerusakan pada head yang nantinya tidak bisa membaca suatu data dan menyerap informasi lagi. 

  • Logic Board


Ini merupakan sebuah papan untuk pengoperasian di hard disk. Pada bagian hard disk ini ada bios hard disknya yang fungsinya untuk mengenal hard disk secara otomatis pada saat di sambungkan ke Mother board. 

  • Setting Jumper


Mempunyai fungsi untuk menentukan kedudukan pada hard disk tersebut. setting jumper ini ada di setiap hard disk.

  • Actual Aksis


Ini merupakan kabel yang menghubungkan antara hard disk dengan mother board untuk mengirim atau menerima data. Fungsinya sebagai tangan robot atau pegangan agar sctor dari hard disk dapat terbaca oleh head. 

  • Ribbon Cable


Nah untuk jenis dalam hard disk yang satu ini berbentuk kabel, yang fungsinya untuk menghubungkan antara logic board dengan head. Karena pada saat processor memproses data yang di input itu berasal dari head terlebih dahulu. Informasi dibaca oleh head, lalu ditransfer ke logic board dan dan dikirim ke mother board. Baru setelah itu masuk ke processor. 

  • Power Connector


Merupakan sumber dari arus listrik yang dikirim oleh oleh power supply. 


Cara Kerja Hard disk

Yang paling awal adalah melakukan pengaksesan untuk melihat dan menentukan dimana posisi informasi yang ada dalam ruang hard disk. Setelah itu hard disk mulai bekerja untuk memberikan informasi atau data yang dibutuhkan sampai benar benar tersedia. Cara penyajiannya itu seperti pola geometris, dimana data akan dikirimkan melalui interface hard disk untuk menentukan dimana data atau informasi tersebut harus diberikan. 

Cara Kerja Hard disk
Cara Kerja Hard disk

Setelah informasi ada dan siap dibaca, maka pengendali pada hard disk akan memastikan bahwa informasi atau data yang diminta sudah tersedia di dalam buffer. Bila sudah oke, maka pengendali program ini akan langsung menyuplai informasi tersebut. Dan langkah terakhir, papan pengendali program akan langsung mengkoordinasikan informasi tersebut dari hard disk menuju ruang simpan sementara. Maka bagian bagian hard disk dan fungsinya ini akan melanjutkan informasi sampai menuju ke memori utama sesuai dengan perintah yang diminta. 

Mengenal Jenis-Jenis Kerusakan Hard Disk

Seperti halnya dengan perangkat keras lainnya, pada hard disk juga tidak lepas dari yang namanya masalah atau kerusakan. Ada bebeapa jenis kerusakan pada hard disk yang disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya yang paling umum terjadi adalah Bad Sector. Singkatnya, Bad Sector adalah bagian pada hard disk sebagai tempat menyimpan data atau sektor mengalami gangguan. Mengenai jenis kerukan ini, silahkan baca selengkapnya pada tulisan saya tentang Apa itu Bad Sector. 

Mengenal jenis Kerusakan Hard Disk


Masalah lain yang sering muncul pada hard disk adalah Access is denied. Masalah ini disebabkan oleh permisison user pada windows. Untuk cara mengatasi masalah Access is denied ini cukup mudah, bahkan yang awam tentang komputerpun bisa melakukannya. Dan masalah ini sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai bagian bagian hard disk beserta fungsinya yang perlu anda tahu. Bawasannya cara kerja dan fungsi akan hard disk ini sangat luar biasa. Semoga anda bisa memahaminya dan bermanfaat. 

Advertisement
Advertisement

0 Comments

Jadilah pengunjung yang baik hati, selalu nitip komentar yang sopan..!!
EmoticonEmoticon