Cara Convert Hardisk GPT ke MBR tanpa Format Hardisk

Pada bahasan kita kali ini, ada kaitannya dengan tulisan saya sebelumnya tentang Perbedaan Hardisk GPT dan MBR. Jadi sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara convert atau merubah tipe hardisk dari GPT ke MBR tanpa kehilangan data, ada baiknya anda sudah memahami tipe partisi dalam hardisk. 

Cara Convert Hardisk GPT ke MBR tanpa Format Hardisk. Seperti yang telah kita ketahui, bahasan ini muncul saat kita akan downgrade ataupun upgrade windows pada laptop dengan System Bios UEFI. Kebanyakan orang akan merasa kesulitan sekalipun sudah terbiasa dengan instalasi windows. Jika anda ingin tau tentang apa itu Hardisk GPT dan MBR, maka anda juga perlu membaca tulisan saya tentang perbedaan System Bios UEFI dan Legacy. Apa alasan anda melakukan convert hardisk GPT ke MBR? Secara pribadi, selama ini alasan satu-satunya adalah agar laptop baru bisa diinstal windows.

Cara Convert Hardisk GPT ke MBR tanpa Format Hardisk
Convert Hardisk GPT ke MBR tanpa kehilangan data

Sebenarnya gampang saja sih convert hardisk GPT ke MBR, tapi resikonya adalah kehilangan file penting dalam hardisk. Jika itu hardisk baru maka tidak ada masalah tapi lain cerita jika hardisk lama yang sudah terisi bergiga-giga data penting. Beberapa blog yang membahas tentang masalah ini menyarankan untuk merepartisi hardisk kemudian convert GPT ke MBR. Bagaiman dengan file-file panting yang ada dalam hardisk? Backup dulu, katanya sih gitu. Simpel dan jelas. Bagaimana kalau data yang akan di backup besar? Nah, sesuai judul tulisan ini, kita akan bahas Cara Convert Hardisk GPT ke MBR tanpa Format Hardisk. Tidak perlu format dan repartisi hardisk serta tidak usah capek-capek backup data. Data aman bro..!!

Convert Hardisk GPT ke MBR tanpa Format Hardisk

Bahan yang perlu disiapkan adalah Hirens bootCD. Bisa menggunakan tools lain asalkan ada aplikasi Diskgenius, Partition Wizard dan Bootice. Berikut langkahnya:
  1. Booting laptop/komputer ke Hirens BootCD dan pilih mini windows 7/8/8.1/10 (pilih salah satunya)
  2. Setelah masuk ke mini Windows, buka HBCD Menu arahkan ke Program -> Disk Tools -> Diskgenius
  3. Setelah antarmuka Disk Genius terbuka pilih hardisk yang akan di convert. Perlu anda ketahui bahwa hardisk GPT memiliki banyak partisi seperti yang terlihat pada gambar di bawah.
  4. Sebelum convert hardisk ke MBR, hapus dulu partisi selain partisi utama. Biasanya ada 3 partisi utama pada hardisk GPT. Lebih jelasnya lihat gambar di atas
  5. Setelah anda hapus pastisi selain partisi utama, klik dulu Save All
  6. Sekarang anda convert disk. Dengan cara klik Disk pada tab menu dan pilih Convert Disk to MBR Partition Table. Lihat gambar
  7. Jika gagal, berarti anda harus ubah dulu salah satu partisi primary ke partisi logical.
  8. Setelah di convert, selanjutnya klik lagi Save All. Akan muncul pesan error. Tenang saja, klik saja Fix Error. Tunggu sampai prosesnya selesai, biasanya tidak lebih dari 5 menit.
  9. Selesai
Jika tujuan anda nyasar di blog ini untuk membaca tulisan saa tentang Cara Convert Hardisk GPT ke MBR tanpa Format Hardisk adalah untuk install windows, setelah melakukan langkah-langkah seperti yang saya jelaskan di atas maka anda perlu mengisi MBR type Windows NT ke dalam hardisk. Bagaimana lagi itu? Lebih jelasnya silahkan baca tetantang BootICE. Sekian ..!

Catatan : Maaf...! Belum sempat sertakan gambar. Tunggu update selanjutnya. Jika ada yang tidak dipahami tentang Cara Convert Hardisk GPT ke MBR tanpa Format Hardisk, kotak komentar selalu ada untuk anda bertanya.


Jadilah pengunjung yang baik hati, selalu nitip komentar yang sopan..!!

Click to comment