Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Laptop

Banyak aplikasi untuk mengambalikan data yang terhapus seperti Racuva, Undelete dll namun pada tutorial mengembalikan data yang akan kita bahas kali ini tentang Cara Mengembalikan data yang Terhapus Permanen menggunakan Diskgenius. Jika anda mencari aplikasi pengembali data yang hilang, maka Disk Genius adalah salah satu yang terbaik. Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada beberapa hal yg perlu diketahui jika ingin mengembalikan data yang terhapus.
  1. Menghapus file dari hardisk secara permanen dengan cara mengosongkan recycle bin
  2. Menghapus file dengan cara menekan Shift + Delete
  3. Menghapus foto, video dan musik dari hard disk eksternal, kartu memori, flash disk dst
  4. Hardisk terformat
  5. Partisi terhapus
  6. dan masih banyak kasus lain
Ketika kita menghapus file dari partisi hardisk di laptop, sangat besar kemungkinan file tersebut bisa dikembalian dengan cara restore file lewat Recycle Bin. Bahkan jika kita menghapus file secara permanen dari Recycle Bin pun, sebenarnya kita masih bisa mengembalikan data tersebut karena data yang kita hapus tidak pernah benar-benar dihapus oleh System Operasi dan Windows hanya menandai ruang atau tempat dalam hardisk sebagai tempat penyimpanan data baru, dalam hal ini data yang terhapus. Masa iya? Boleh atau tidak? Lanjut...! jawabanya adalah apa yang akan kita bahas kali ini tentang Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Laptop


Baca juga :
Cara Mudah Menggabungkan 2 Partisi Tanpa Kehilangan Data 
Cara Menggunakan Hirens BootCD untuk Memperbaiki Hardisk rusak 
Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Laptop
Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Laptop

Logikanya seperti ini, semua media penyimpanan baik hardisk, flash disk, maupun kartu memory tidak benar-benar menjukan ukuran yang sebenarnya. Contoh, hardisk kapasitas 500gb yang terbaca hanya 460gb. 40gb-nya dimana? Begitu pula flashdisk, kapasitas 8gb yang terbaca hanya 7,20gb. 800mb-nya dimana? Sisa dari kapasitas yang tidak terbaca inilah yang menampung atau menyimpan semua informasi lalu lintas data dalam drive tersebut. Jadi, kesimpulannya bahwa data yang terhapus permanen masih ada kemungkinan untuk bisa dikembalikan. Bagaimana caranya? Baca terus tulisan ini sampai selesai. 
Hati-hati saat menghapus data anda karena mengembalikan data yang terhapus permanen tak semudah saat menghapus data tersebut.
Baik, berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan data yang terhapus Permanen di laptop dengan sistem operasi Windows 7/8/10
  1. Saya anggap anda sudah miliki Diskgenius. Jika belum ada silahkan googling dulu kerena sofer ini yang akan kita gunakan dalam Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Laptop
  2. Buka aplikasi diskgenius, pilih drive dimana data anda berada sebelum hilang/terhapus.

    Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Laptop
  3. Klik kanan drive yang akan di-recovery dan pilih Recover lost files or Formatted Partition

    Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Laptop
  4. Pada jendela yang muncul ada beberapa pilihan, Recover deleted files dan Recover formatted partition. Pada tahap ini anda disuruh untuk memilih opsi recovery file yang terhapus karena delete atau file yang terhapus karena format drive. Pilih salah satunya sesuai situasi file yang akan anda kembalikan.

    Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen di Laptop
  5. Contoh kasus saya akan mengembalikan data yang hilang permanen karena delete. Pilih Recover deleted files, kemudian klik start.

    Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen
  6. Tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah selesai silahkan lihat data anda yang hilang. Kalau sudah ketemu, klik kanan file tersebut dan pilih Copy to.
  7. Selamat data anda yang terhapus permanen telah kembali.
Cara ini berlaku juga untuk mengembalikan data di flashdisk yang terformat. Selain data di flasdisk, bisa juga digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di Micro SD. Supaya anda tidak kebingungan denga tutor di atas, simak dan ikuti step by step video tutorial koodipc dibawah tentang Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen:


Untuk opsi kedua Recover Formatted Partition, prosesnya sama dengan opsi pertama Recovery Deleted Files. Bedanya pada opsi kedua membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari data yaneg terhapus. Sekian artikel tentang Cara Mengembalikan Data yang Terhapus Permanen. Semoga bisa bermanfaat buat anda-anda semua yang kehilangan data. Good Job..!

3 Comments

avatar

terimakasih atas informasinya, dan jangan lupa kunjungi kami http://aromaessen.com/umpan-lele-kilo-gebrus/

avatar

Informasi hebat!, terimakasih semoga mendatangkan pahala berlipat bagi pengunggahnya..amin. Al Fatehah... Hormat saya Eka Widjaya 085786700997.

avatar

Kalau saya mengahapus file dari handphone dilaptop itu kan permanen, apa kah bisa selamat?

Jadilah pengunjung yang baik hati, selalu nitip komentar yang sopan..!!

Click to comment