Cara Mudah Menggabungkan 2 Partisi Tanpa Kehilangan Data

Sahabat, selamat berjumpa kembali. Pada tulisan saya sebelumnya pernah membahas tentang bagaimana cara memperbaiki hardisk yang rusak menggunakan Hirens BootCD. Kali ini saya akan berbagi cara mudah membagi 2 partisi tanpa ragu kehilangan data penting anda. Bahasa kerennya “ without lost your data”. Hahaha, just kiding.

Anyway... Pada tutorial kali ini, lagi-lagi kita akan menggunakan jasa tools powerfull menurut saya yakni Hirens BootCD. Silahkan di donlot lewat sini atau Cuma ingin sekedar baca-baca tentang tools handal andalan saya ini (Hirens BootCD). Tools yang akan kita gunakan untuk Menggabungkan 2 Partisi Tanpa Kehilangan Data adalah Partition Assistant. Selain Partition Assistant, anda juga bisa menggunakan tools lain kayak Patition Wizard, Easus Partition dan lain-lain. Semua tools yang saya sebutkan barusan sudah ada dalam Hirens BootCD. Istilahnya udah satu paket boss. Jika tidak punya Hirens BootCD, silahkan googling sana dan donlot tools yang saya rekomendasikan yaitu Partition Assistant.

Bagaimana cara aman memggabungkan 2 partisi?

Perlu diingat bahwa cara ini tidak menjamin data anda akan aman, jadi saran saya kalau masih sempat back-up lah data anda karena tidak ada jaminan anda akan bebas dari kesalahn teknis. Berikut langkah-langkah menggabungkan 2 partisi tanpa kehilangan data, simak dan pahami:
  1. Buka HBCD Menu. Boleh boot Hirens BootCD dan boleh juga dalam mode Windows normal.
  2. Arahkan ke Disk Tools -> Partition asistant
  3. Tunggu beberapa saat sampai tampilan Partition asistant muncul.

    Cara Mudah Menggabungkan 2 Partisi Tanpa Kehilangan Data
  4. Klik kanan pada salah satu partisi yang akan di gabung
  5. Pilih merge dan akan muncul jendela baru

    Cara Mudah Menggabungkan 2 Partisi Tanpa Kehilangan Data
  6. Centang/ceklist partisi lain yang akan di gabung

    Cara Mudah Menggabungkan 2 Partisi Tanpa Kehilangan Data
  7. Selanjutnya klik OK
  8. Setelah anda klik OK, maka akan tergabung secara otomatis 2 partisi yang di centang tadi
  9. Sampai pada tahap ini anda sudah berhasil menggabungkan 2 partisi tapi belum berefek pada hardisk anda.
  10. Langkah terakhir, klik Aply dan trs klik Proceed

    Cara Mudah Menggabungkan 2 Partisi Tanpa Kehilangan Data
  11. Tunggu prosesnya sampai selesai
PENTING!!! Jangan membatalkan proses merge/penggabungan dalam bentuk cara apapun. Jika tidak, tanggung resiko sendiri. Sekali lagi saya tekankan, saya tidak menjamin data akan aman, jadi BACKUP data penting.

Prosesnya agak sedikit lama, jadi sangat dibutuhkan kesabaran. Yahhhh.. begitulah kira-kira Cara mudah menggabungkan 2 partisi tanpa kehilangan data. Ini adalah cara saya, bagaimana dengan cara anda? Ada cara lain? Banyak kok. Wkwkwkw... Tiap cara pada dasarnya sama, hasilnya adalah sama, yaitu menggabungkan 2 partisi. Sekian dan terima gaji. Ekhh salah, terima kasih.

Jadilah pengunjung yang baik hati, selalu nitip komentar yang sopan..!!

Click to comment