Inilah Perbedaan Bios UEFI dan Legacy yang Perlu Anda Ketahui

Apa sih UEFI? Kenapa harus menggunakan UEFI? Apa bagusnya UEFI dibandingkan dengan bios Legacy? Untuk menjawab pertanyaan ini, maka kita perlu mengetahui perbedaan antara bios UEFI dengan Lecay atau Native Bios. Sedikit penjelasan tentang bios, bahwa bios adalah basic atau dasar dari system operasi. Bahasa gaulnya Basic Input Ouput System. Sementara itu UEFI adalah Unifird Extensible Firmware Interfance. Istilah Legacy muncul bersamaan dengan UEFI dimana Legacy adalah bios itu sendiri. Legacy hanya sebuah istilah saja. Untuk beberapa vendor, Legacy menggunakan istilah CSM (Sompatibility Support Module).

Perbedaan Bios UEFI dan Legacy
Perbedaan Bios UEFI dan Legacy

Dari segi penggunaan UEFI, hardware dalam hal ini montherboard dan beberapa komponen pendukung lain sudah harus support sistem UEFI itu sendiri. Bios dan UEFI sebenarnya hampir sama, mungkin lebih tepatnya UEFI adalah penerus dari bios. System UEFI mulai banyak dilirik oleh vendor-vendor diawal kemunculan Windows 10. Efeknya adalah hampir setiap laptop keluaran baru dari berbagai vendor menggunakan UEFI baik Free Dos maupun yang sudah terintegrasi sistem operasi Windows 8.1 atapun Windows 10. Sekalipun demikian, fitur bios Legacy yang sudah umum digunakan masih tetap tersemat pada laptop dengan system bios UEFI.

Perbedaaan UEFI dan Legacy

Disini saya hanya akan membahas garis besarnya saja mengenai perbedaan antara kedua system bios ini. Berikut adalah perbedaannya:
  1. Dari segi antarmuka, UEFI mendukung penggunaan mouse bahkan touchscreen atau layar sentuh sedangkan Legacy hanya support keyboard saja
  2. Dari segi tampilan, antarmuka Legacy masih standar sedangkan UEFI memiliki tampilan lebih menarik
  3. UEFI mendukung kapasitas hardisk lebih dari 2 TB sedangkan bios legacy, 2 TB adalah kapasitas maksimal artinya tidak bisa lebih dari 2 TB
  4. Mengenai type hardisk, uefi wajib menggunakan GPT (Guid Partition Table) sedangkan pada bios legacy menggunakan type MBR (master boot record)
  5. Untuk instalasi windows, Legacy lebih mudah dibandingkan UEFI
Sebenarnya masih banyak lagi perbedaan keduanya, namun 3 poin di atas saya rasa sudah cukup mewakili perbedaan antara UEFI dan Legacy.

Jadilah pengunjung yang baik hati, selalu nitip komentar yang sopan..!!

Click to comment