Inilah Perbedaan Hardisk GPT dan MBR yang Perlu Anda Ketahui

Pada kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas tentang Perbedaan Hardisk GPT dan MBR. yang tentunya sangat erat hubungannya dengan tulisan saya tentang perbedaan UEFI dan Legacy. Sudara-sudara sekalian, menarik untuk dibahas, sehubungan dengan  banyaknya vendor yang kini sudah menggunakan system bios UEFI maka sangat perlu untuk mengetahui tabel partisi yang digunakan pada hardisk.

Perbedaan Hardisk GPT dan MBR
Perbedaan Hardisk GPT dan MBR

Saat ini kita hanya mengenal 2 type untuk tabel hardisk yaitu GPT atau Guid Partition Table dan MBR atau Master boot record. MBR adalah type tabel partisi pada hardisk yang sudah umum digunakn namun lain halnya dengan GPT. Karena kertabasan type hardisk MBR maka banyak vendor yang mulai beralih ke system UEFI dalam hal ini berpengaruh juga pada penggunaan type hardisk GPT. Type hardisk GPT mulai ramai diperbincangkan seiring dengan kemunculan system bios UEFI. Singkatnya, kita bisa mendefinisikan bawa "GPT adalah bagian dari UEFI" yang mana GPT merupakan standar layout pada hardisk yang menggunakan Guid Unique Indentifier.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan penyimpanan data juga semakin tinggi. Beberapa vendor hardisk sudah mulai menawarkan kapasitas hardisk dengan kapasitas yang terbilang sangat besar dibandingkan dengan space sebelumnya. Standar kapasitas yang mampu dibaca oleh tabel hardisk MBR adalah 2 Tb dengan batasan 4 partisi primary sementara GPT mampu membaca kapasitas lebih dari 2 TB. Atas dasar inilah maka penggunaan MBR mulai beralih ke GPT yang mendukung kapasitas penyimpanan hingga 9 ZB dengan partisi primary sampai 128.

Pada hardisk MBR, informasi partisi dan file system operasi disimpan pada sektor pertama. Perangakat keras dan system operasi sebenarnya sangat bergantung pada sektor pertama ini agar bisa bekerja dengan baik. Jika sektor pertama pada hardisk MBR mengalami masalah atau corrupt maka kita akan kehilang akses data. Mengenai masalah ini, maka hardisk GPT menawarkan solusi dengan system pengeloalaan yang baik. Jika sektor pertama rusak, kita masih bisa untuk mengakases data karena informasi partisi dan sytem operasi di backup pada sektor lain.

Apa Perbedaannya Dengan MBR?

Dari uraian di atas sebenarnya kita bisa memahami perbedaan antara GPT dan MBR. Namun, utnuk lebih jelas saya akan utaian kembali poin-poin penting mengenai kedua tipe tabel partisi ini:
  1. Kapasitas penyimpanan pada hardisk GPT lebih besar hingga 9 ZB jsedangkan tipe hardisk MBR hanya 2 TB
  2. Hardisk GPT mampu membuat 128 Partisi primary  sedangkan hardisk MBR hanya 4 partisi primary
  3. Pada hardisk MBR, informasi hardisk tersimpan pada sektor pertama sedangkan pada hardisk GPT, informasi dibackup beberapa kali pada sektor lain
  4. Hardisk MBR support arsitektur OS 32 dan 64 bit sedangkan hardisk GPT hanya kompatibel dengan OS 64 bit saja
Tentunya masih banyak lagi perbedaan kedua tipe hardisk GPT dan MBR. Tidak perlu kita bahas panjang lebar karena saya rasa kita sudah cukup memahami perbedaan keduanya dari penjelasan di atas. Demikin dan selamat beraktifitas.

Jadilah pengunjung yang baik hati, selalu nitip komentar yang sopan..!!

Click to comment