Pemutar Video Gratis Terbaik untuk Windows 2017

Bagi yang hobi nonton film, pemutar video yang mampu memutar semua jenis format/codec video adalah hal yang wajib dimiliki. Dan tentu saja, jika kita bertanya tentang pemutar video terbaik, masing-masing dari kita pasti memiliki preferensi yang berbeda-beda. Saya yakin, masing-masing dari kita pasti sudah mempunyai pemutar video pilihan di laptop/PC, namun tak salah jika pada tulisan ini kembali memberikan informasi tentang Pemutar Video Gratis Terbaik untuk Windows 2017

Satu hal yang pasti bahwa kita sudah sangat akrab dengan Windows Media Player, namun tidak cukup rasanya jika hanya mengandalkan pemutar default windows. Banyak pilihan untuk masalah yang satu ini sehingga kadang bagi user baru akan merasa kebingungan saat akan memilih media player dalam hal ini pemutar video dan pemutar musik yang akan digunakan. Nah, jika nada merasa kebingunan maka tidak salah anda nyasar di blog ini karena disini saya sudah memiliki list/daftar media player terbaik dan terpopuler diseluruh dunia yang saya rangkum berdasarkan banyaknya pengguna, like, fungsi, fitur khusus dan lain sebagainya.

#1 VLC Media Player

Tidak diragukan lagi, VLC Media Player adalah media player terpopuler didunia saat ini. Seperti yang saya kutip dari situs AlternativeTo, VLC berada diposisi teratas media player yang paling banyak didonlot dan like lebih dari 5.000. VLC Media player adalah raja, tapi apakah VLC media palyer tepat untuk anda? Bisa saja tidak.
VLC Media Player
VLC Media Player 
VLC sangat kompleks dan powerfull. "All-in-one solution" menjadikan VLC sebagai media player terbaik. Kita bisa melakukakn banyak hal, terutama dengan semua pengaturan setting dan option yang bisa kita ubah sesuai keinginan. VLC dapat melakukan streaming video secara real-time jika kita memiliki URL yang tepat. Selain itu, VLC juga bisa memainkan semua jenis standar media, termasuk CD, DVD, dan format video yang paling populer seperti MP4, MPG, AVI, MKV, FLV dll. Kita tidak perlu mencari dan menginstal codec tambahan. Semuanya sudah ada dalam VLC. Kelemahan: VLC kadang kinerja tidak baik pada hardware lama dengan spesifikasi rata-rata.

Tidak salah jika VLC menduduki peringkat teratas sebagai salah satu proyek GitHub paling populer hingga saat ini. Memang, VLC adalah open source, didukung oleh banyak programer dunia yang aktif dikembangkan sejak tahun 2001. Saya rasa VLC akan terus menempati daftar Media player terbaik dari tahun ketahun. 
Fitur utama:
  1. Mendukung hampir semua codec multimedia.
  2. Mendukung pemutaran baik dari file, disk, perangkat eksternal, maupun dari Webcam.
  3. Mendukung online streaming dengan sebagian besar protokol utama.
  4. Akselerasi hardware GPU
  5. Penyesuaian interface dengan VLC Skin Editor. 
  6. Multi-platform. bisa install di Windows, Mac, Linux, iOS, dan Android. 
  7. Open source.

#2 KMPlayer

KMPlayer, salah satu media player pilihan pribadi saya ketika ingin menonton film. Bahkan ketika pemutar video lainnya kesulitan untuk memutar film, KMPlayer mampu memutar film tanpa masalah, lancar dengan fiturnya yang mengesankan. Beberapa fitur-fitur dari KMPlayer adalah dukungan 3D, 2K, 4K & UHD, dileangkapi dengan codec media internal yang membuat KMPlayer mampu memutar video/film lebih dari yang kita harapkan sekalipun Laptop/PC dengan spesifikasi yang relatif lebih rendah.
KMPlayer
KMPlayer
Bukan hanya memainkan video, kita juga diberi pilihan untuk mengatur pustaka media ketika ada video dan musik yang baru masuk di laptop/PC. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan pengalaman media yang mengagumkan. Demikian pula, ada pilihan untuk memutar DVD dengan baik, tak ubahnya seperti fitur yang diharapkan pada di DVD player. Salah satu fitur lain KMPlayer yang saya rasa cukup baik adalah kemampuan untuk menyesuaikan dengan layar PC, kenyamanan penggunaan dan editor subtitle built-in juga.
Baca Juga : Cara Memperkecil Ukuran Subtitle pada KMPlayer

#3 Splayer

Selain KMPlayer, SPlayer adalah salah satu media player pilihan pribadi. SPlayer mampu memutar semua jenis file video maupun audio dengan baik berkat adanya codec internal yang disematkan dan konsumsi memori ram yang sangat kecil. 
SPlayer
SPlayer
SPlayer adalah media player yang mendukung banyak format media populer, termasuk AVI, MP3, WMV, 3GP, OGG, VOB dan MKV. User interface dari program ini sangat menarik karena lebih mengutamakan kesederhanan. Anda dapat mengimpor musik dan film dengan menggunakan file browser atau dengan metode "drag and drop".

Berbicara soal interface, kita bisa menonaktifkan mode Aero Effect, beralih dari minimal ke tampilan standar, mengatur tingkat transparansi serta bisa menggunakan konverter DSM. Selain itu, SPlayer sangat mudah digunakan sekalipun anda adalah pemula. Saya sangat merekomendasikan media player ini jika anda menyukai tampilan dengan perspektif bersih dan nyaman saat menonton film.

Anda juga bisa meningkatkan volume lebih dari 100% (sampai 1000%), beralih ke modus layar penuh, menggunakan equalizer dan saluran controller. Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkan modus repeat (untuk lagu atau seluruh playlist), beralih antara kualitas dan modus kinerja, akselerasi GPU, menggunakan editor shader, serta menyimpan gambar atau thumbnail dari video. Selain itu, Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan audio dan mode 3D, flip gambar dan mengubah aspek rasio, melihat properti file dan memilih tindakan setelah film selesai diputar (misalnya exit program, shutdown laptop/PC).

Fitur-fitur yang terdapat dalam SPlayer
  1. Fitur FastMotion, PowerTravel, dan EyeCare yang membuat SPlayer memiliki penggunaan memori ram yang rendah. 
  2. ShaderEngine, LiveColor, dan SmartAmplify untuk memutar dengan kualitas Blue Ray
  3. Anti-Silly dan CloudMatching
  4. Use interface yang simpel tapi tidak kalah menarik
  5. Support semua Windows XP/Windows 7 32 dan 64 bit

#4 Media Player Classic

Media Player Classic adalah salah satu program yang sudah cukup terkenal sejak tahun 2013. Pada saat itu, Media Player Classic  adalah alternatif pemutar video terbaik pada masa kejayaan windows XP. Pengembangan Media Player Classic terhenti pada tahun 2006 sejak terbagi menjadi 2 proyek utama yaitu Media Player Classic : Home Cinema (MPC-HC) dan Black Edition (MPC-BE).
media player classic
Media Player Classic - Home Cinema
Media Player Classic - Home Cinema adalah pilihan yang baik untuk menonton film sehari-hari, ringan, dan mendukung banyak format video. Sedangkan Black Edition adalah versi superpowered dengan tambahan lebih banyak fitur dan perbaikan, tapi penggunaannya tidak mudah. Keduanya memiliki kinerja yan baik, tapi saya lebih merekomendasikan HC daripada BE.

Media Player Classic menyusung banyak fitur: kinerja cepat, penggunaan sumber daya yang rendah, ukuran instalasi yang kecil dan benar-benar ringan dalam segala hal. Menangani sebagian besar format video tanpa masalah, dan mendukung beberapa fitur canggih seperti download subtitle, video capture, dan ter-integrasi dengan Skype.

Fitur Media Player Classic:
  1. Intuitif dan mudah digunakan antarmuka.
  2. Mendukung sebagian besar codec media
  3. Mendukung pemutaran dari file, disk, perangkat eksternal.
  4. Sangat ringan, yang berarti kinerja besar pada mesin lama.
  5. Fitur canggih seperti download subtitle dan integrasi Skype.
  6. Tersedia untuk Windows saja. Open source.

#5 PotPlayer

PotPlayer, sebelumnya dikembangkan oleh Daum, tapi sekarang telah dikelola oleh Kakao, adalah media player yang kurang terkenal dari Korea Selatan. Tapi jangan pernah urutkan niat anda untuk mencobanya. Jika saja VLC tidak memiliki nama brand/merek yang besar, jujur saya pikir mungkin PotPlayer adalah raja media player gratis menggantikan posisi VLC. 
PotPlayer
PotPlayer
Memang, Antara VLC dan Potplayer banyak kesamaan, sama-sama memberikan kemudahan “All-in-one solution” bagi pengguna yang hanya ingin menginstal satu media player tapi memiliki semua fitur dalam media player itu sendiri. Tidak seperti VLC, yang akan mengalami kesulitan ketika kita memutar video yang besar, PotPlayer selalu bekerja dengan baik. Jika kita menonton video Blu-ray, maka PotPlayer adalah pilihan yang terbaik.

PotPlayer memungkinkan kita untuk melakukan pengaturan sesuai dengan yang kitainginkan. Pengaturan pada potplayer dikemas cukup baik bahkan lebih baik dari pada pengaturan yang ada pada VLC. Selain itu, potplayer memiliki banyak fitur-fitur canggih seperti preview, bookmark, Clip record, dan masih banyak lagi. Best of the bset, dalam kasus saya, potplayer menggunakan sumber daya yang lebih sedikit dibandingkan VLC.

Sebagian besar pengguna mungkin tidak akan peduli dengan hal ini, tetapi perlu dicatat bahwa PotPlayer adalah media player gratis, tetapi tidak kalah dengan pemutar video/media player berbayar. Jika kita peduli tentang hal semacam ini dan perlu alternatif selain VLC, saya sangat menyarankan untuk melihat PotPlayer sebagai pilihan terbaik.

Fitur PotPlayer:
  1. Interface yang sangat detail, banyak tapi teratur.
  2. Mendukung hampir semua codec video
  3. Mendukung pemutaran dari file video, disk, perangkat eksternal.
  4. Mendukung streaming online
  5. Penanganan lebih baik untuk file video yang besar (Blu-ray) dan format terbaru.
  6. Tersedia untuk Windows saja.

#6 GOM Media Player

GOM Media Player dikembangkan oleh GOM Lab, dan termasuk salah satu pemutar video terbaik, perangkat lunak gratis yang harus dimiliki bagi kita yang hobi menonton film. GOM Player mendukung berbagai format video seperti MKV, FLV, dll. Selain itu, GOM Media Player memiliki sejumlah fitur canggih saat kita memutar video diantaranya seperti kontrol kecepatan, efek video, tangkapan audio, A-B repeat, dll. Singkatnya, GOM Media Player adalah perangkat lunak yang sangat mengesankan.
GOM Player
GOM Player
Berbicara dari UI & Customization, GOM Media Player menawarkan kustomisasi canggih tingkat tinggi yang mendukung skin yang berbeda. Kita dapat menperoleh skin dari situs resmi GOM Player sehingga GOM Player bisa terlihat indah seperti yang kita inginkan. Selain itu, ada codec finder yang bisa membantu kita untuk menemukan codec secara online ketika ada video yang tidak mampu diputar oleh GOM player. Meskipun demikian, GOM Media Player akan bekerja dengan baik di Laptop/PC yang menjalankan Sistem Operasi Windows dengan spesifikasi minim.

Demikian list Pemutar Video Gratis Terbaik untuk Windows 2017, sekiranya apa yang saya tuliskan di atas bisa menjadi referensi untuk kita yang kebingungan dalam memilih media player terbaik. 

3 Comments

avatar

Makasih info'y, sy sendiri suka pake media player classic :)

avatar

terimakasih atas informasinya, dan jangan lupa kunjungi kami http://aromaessen.com/umpan-lele-kilo-gebrus/

Jadilah pengunjung yang baik hati, selalu nitip komentar yang sopan..!!

Click to comment