Tips Memilih Flash Disk yang baik

Bagaimana cara memilih flashdisk yang baik? Pertanyaan ini seringkali muncul saat kita hendak membeli flashdisk baru maupun flashdisk second. Ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum memutuskan untuk membeli flashdisk sehingga nantinya tidak salah memilih karena banyaknya pilihan jenis dan merek flashdisk yang beredar dipasaran

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli flashdisk:

1) Spesifikasi Mirip tapi Bisa Menipu

Kadang kita menemukan dua flashdisk yang sama dan kemudian bertanya, "Kedua flashdisk memiliki fitur USB 3.0, yang dibuat oleh merek yang sama, dan memiliki kapasitas penyimpanan yang sama. Tapi memiliki harga yang berbeda? ", Jawabannya adalah kualitas komponen, yang menentukan seberapa baik flashdisk tersebut.
Dua hal yang menentukan kecepatan (speed) transfer data pada flash disk: port USB  dan komponen flashdisk itu sendiri
Tips Memilih Flash Disk yang baik
Jika kita berbicara tentang speed flashdisk maka kita tidak akan lepas dari Port USB. Sekarang ini kita hanya mengenal 2 tipe Port USB yaitu USB 3.0 da USB 2.0. Transfer data USB 3.0 jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan Port USB 2.0, akan tetapi perangkat harus didukung oleh Port USB baik di komputer/PC maupun pada flashdisk itu sendiri. Jika flashdisk anda adalah USB 3.0 tapi Port USB di komputer anda masih menggunakan USB 2.0, maka transfer data akan menyesuaikani pada kecepatan standar USB 2.0. Perlu anda ketahui bahwa transfer data USB 3.0 maksimal 100 MBs sedangkan USB 2.0 transfer data maksimal di 15 MBs.
Baca juga : Cara mudah mengembalikan file yang di hidden oleh virus di Flash Disk
Hal lain yang mempengaruhi speed flashdisk adalah jenis memori flash dan controller yang digunakan dalam flashdisk tersebut. flash disk yang baik tentunya menggunakan kontroller dan memori flash yang memiliki kwalitas baik pula sementara flashdisk yang  murah menggunakan komponen yang lebih murah alias murahan, yang tidak baik pada transfer dan menyimpan data sehingga masuk akal jika harganya murah. Contoh: flashdisk Sandisk Extrime USB 3.0 mampu mentransfer data hingga 200 MBs sementara flashdisk USB 3.0 lainnya, mentransfer data 100 hingga 110 MBs. Sepintas memang tampak sama tapi dalam hal speed sangat berbeda jauh.

 

2) Kecil dan Tipis: Tidak Selalu Lebih Baik

Satu masalah dengan kebanyakan flashdisk adalah ukuran yang kadang kebesaran sehingga menyulitkan kita dalam penggunaan terutama ketika menancapkan flashdisk pada port USB di PC/laptop. Sebagian orang pasti akan lebih memilih flashdisk yang lebih kecil dari segi ukuran dengan alasan kenyamanan tapi tahukah anda bahwa semakin kecil maka akan semakin sulit memasukan komponen yang berkwalitas dalam tubuh flashdisk seperti yang telah disebutkan pada poin pertama di atas. Komponen yang lebih baik biasanya membutuhkan lebih banyak ruang fisik, sehingga mempengaruhi ukuran fisik flashdisk. 

Tips Memilih Flash Disk yang baik
 
Jadi, jika Anda membutuhkan kenyamanan dan portabilitas, flashdisk yang lebih kecil dan tipis adalah pilihan yang baik, tetapi jika Anda ingin flashdisk yang kuat dan tahan, maka anda mungkin perlu untuk memilih yang lebih besar.

 

3) Port MicroUSB: akan sangat berguna

Bagi pengguna android, flashdiskyang memiliki dua port USB normal maupun port microUSB mungkin akan jadi pilihan yang tepat karena kita bisa mentransfer data dari PC ke ponsel Android ataupun sebaliknya, jadi lebih mudah. Namun, ponsel Android sudah harus mendukung USB OTG (On-The-Go) yaitu standar yang memungkinkan ponsel Android untuk membaca flash drive eksternal. Jika perangkat Anda tidak mendukung USB OTG, maka membeli flash disk dengan fitur port microUSB akan sangat bermanfaat. 

Nah, diantara sekian banyak merek flasdisk, kira-kira merek flashdisk mana yang paling baik? Pertanyaan ini agak susah untuk dijawab karena yang namanya barang elektronik, bisa jadi esok lusa akan rusak sekalipun dibuat oleh merek terkenal. Dari tiga poin di atas tentang Tips Memilih Flash Disk yang baik seharusnya kita sudah bisa menghindari kesalahan ketika ingin membeli flashdisk baru maupun flashdisk second. Demikian tips dari www.koodipc.com, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

2 Comments

Jadilah pengunjung yang baik hati, selalu nitip komentar yang sopan..!!

Click to comment