Penjelasan Lengkap dan Cara Masuk Safe Mode Windows 7

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui tentang bahasan kita kali ini bahwa safe mode adalah mode dimana windows dimulai atau dijalankan dengan menggunakan setingan standar, baik itu konfigurasi windows, file, pengaturan aplikasi maupun driver yang terinstal di laptop/komputer kita. Cara masuknya cukup mudah, bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun. Namun, kembali lagi pada tujuan kita masuk di safe mode windows. Untuk apa? Bagaiman caranya? Apa yang harus kita lakukan dengan safe mode? Nah, tulisan KoodiPC kali ini akan membahas tentang Penjelasan Lengkap dan Cara Masuk Safe Mode Windows 7

Safe mode adalah fitur default windows yang disediakan untuk membantu user/pengguna dalam mengatasi beberapa masalah yang terjadi di laptop/komputer kita. Fitur ini tersedia hampir disemua system operasi buatan windows. Apa saja keunggulan safe mode? Berbicara tentang keunggulan, sebenarnya safe mode sama sekali tidak memiliki keunggulan jika kita lihat dari setingan yang sangat dasar. Satu-satunya alasan kita masuk safe mode adalah karena trouble atau ada masalah yang tidak bisa kita selesaikan dengan mode windows biasa. Masalah yang KoodiPC maksud disini adalah masalah yang tentunya berhubungan dengan sistem operasi windows seperti setingan error, virus, aplikasi error, konflik driver terutama driver video grafik/VGA. Untuk saya secara pribadi mengakses safe mode untuk beberapa kepeluan trouble PC saja, seperti yang saya sebutkan diatas.

Secara umum, ada tiga pilihan ketika kita akan masuk safe mode yaitu Safe Mode, Safe Mode with Networking dan Safe Mode with Command Prompt.

Penjelasan Lengkap dan Cara Masuk Safe Mode Windows 7
3 Versi Safe Mode

Berikut penjelasan ketiganya dan mana yang harus kita gunakan:

Safe Mode

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, safe mode ini dimulai dengan batasan konfigusai oleh windows. Pilih mode ini jika memang kita tidak membutuhkan akses kejaringan baik internet maupun jaringan lokal.

Safe Mode with Networking

Berbeda dengan versi yang pertama, safe mode with networking memungkinkan kita untuk masuk safe mode dengan tetap terhubung ke jaringan sekalipun dengan pembatasan setingan seperti pada safe mode pertama. Gunakan mode ini jika kita membutuhkan koneksi internet.

Safe Mode with Command Prompt

Safe mode yang ketiga ini hampir sama dengan kedua versi safe mode di atas. Yang membedakan adalah safe mode with command prompt tidak dimulai dengan explorer melainkan dimulai dengan interface atau antar muka command prompt (CMD) saja. Taskbar, explorer, start screen, dan dekstop tidak akan ditampilkan pada safe mode with command prompt.

Langkah-langkah masuk Safe Mode Windows 7

Bagaimana cara masuk safe mode windows 7? Cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Hidupkan laptop/komputer anda
  2. Saat Laptop/komputer sementara hidup, tekan F8
  3. Jika berhasil maka anda akan dihadapkan dengan tampilan warna hitam yang dipenuhi tulisan-tulisan putih. Disitu anda akan menemukan ketiga versi safe mode yang saya jelaskan di atas.

    Penjelasan Lengkap dan Cara Masuk Safe Mode Windows 7
  4. Sebagai contoh, tekan tombol anak panah bawah pada keyboard untuk memilih safe mode kemudian tekan enter.

    Penjelasan Lengkap dan Cara Masuk Safe Mode Windows 7
  5. Selamat anda telah berhasil masuk safe mode.

Jika anda pertama kali masuk safe mode, jangan kaget dengan tampilannya yang sangat berbeda dengan windows biasa. Sementara dalam Safe Mode, latar belakang Desktop diganti dengan warna hitam dengan kata-kata Safe Mode di keempat sudut desktop. Bagian atas layar juga menunjukkan Windows build dan service pack yang kita gunakan.

Demikian tulisan KoodiPC tentang Penjelasan Lengkap dan Cara Masuk Safe Mode Windows 7. Semoga apa yang saya jelaskan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua. 

1 Comments:

avatar

terimakasih atas informasinya, dan jangan lupa kunjungi kami http://aromaessen.com/umpan-lele-kilo-gebrus/

Jadilah pengunjung yang baik hati, selalu nitip komentar yang sopan..!!

Click to comment